Tentang Kami

SAPIENZA™ dan Tradisi Katolik Dot Org didirikan untuk mendukung para imam yang ingin mengenakan busana imam; juga untuk para uskup dan terutama untuk umat awam, yang ingin para imam mereka mengenakan busana khusus, sesuai harkat dan martabatnya.

Kewajiban mengenakan busana klerus bagi para imam telah dinyatakan dengan jelas dalam Kanon 284 dari Kitab Hukum Kanonik. Ajakan untuk menaati aturan ini pun sudah berulang kali disampaikan oleh para Bapa Suci, termasuk Paus Yohanes Paulus II dan Paus Benedictus XVI. “Terlepas dari kondisi yang amat khusus, pemakaian busana awam oleh klerus bisa menunjukkan lemahnya identitas dirinya sebagai seorang pastor yang mendedikasikan diri sepenuhnya untuk melayani Gereja.” (Direktori Pelayanan dan Kehidupan Para Imam 66).

Di Indonesia, YM Antonio Guido Filipazzi, Duta Besar Takhta Suci, YM Vincentius Sutikno Wisaksono, Uskup Surabaya, dan beberapa uskup lain sudah memelopori, menganjurkan dan bahkan memfasilitasi para imamnya untuk mengenakan busana klerus dan dengan sendirinya meninggalkan kebiasaan mengenakan busana awam.

Untuk busana sehari-hari para imam (dan juga diakon serta seminaris), kemeja ber-collar merupakan alternatif praktis dari jubah, yang mungkin lebih sulit untuk dimasyarakatkan kembali di Indonesia. Selama ini, para imam membeli kemeja ber-collar dari luar negeri, atau memesannya di penjahit lokal. Ini tentu tidaklah mudah. Oleh karena itu, kami telah menyediakan kemeja ber-collar dalam berbagai ukuran, ready-made, agar para imam (atau umat yang ingin memberikannya kepada imam mereka) dapat membelinya dengan mudah.

Produk kemeja ber-collar SAPIENZA™ dibuat oleh perusahaan garmen terkemuka, PT Bina Busana Internusa (BBI). BBI melayani pesanan berbagai merk internasional, seperti Esprit, Ralph Lauren, Adidas dan Gymboree, dan juga membuat berbagai merk lain, seperti: Valino, Harry Martin, Van Heusen dan Arnold Palmer. Manajemen BBI telah memberikan harga khusus kepada kami, dan kami pun menyalurkannya kepada para imam dan umat Katolik at-cost, tanpa mengambil untung.

SAPIENZA™ dan Tradisi Katolik Dot Org didirikan oleh Bapak Albert Wibisono, peminat liturgi dan tradisi Gereja Katolik, pendiri Blog Tradisi Katolik (sejak Maret 2008) dan juga Facebook Page Tradisi Katolik (sejak Agustus 2009). Selain di kedua media tersebut, tulisan-tulisan Bapak Albert Wibisono dimuat di beberapa media lain, termasuk Majalah Liturgi terbitan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Situs Tradisi Katolik Dot Org ini dibuat dan dikelola dengan dukungan Bapak Robertus Rahardjo dan timnya dari PT Max Solusindo Jaya, yang secara pro-bono mempersembahkan hasil karya mereka untuk membantu memasyarakatkan dan melestarikan tradisi-tradisi Gereja Katolik.

Mulai Adven 2013, SAPIENZA™ menyediakan produk baru berupa alba dan superpli model Romawi, yang umum digunakan di Vatikan.